seeking greener grass

part of my history

Saturday, August 11, 2001

i just want to write about life and "gado-gado"



feeling gue berasa gado-gado dan rasanya emang gue pengen ngetik pake bahasa gado-gado. mengingat juga gue ini serba gado-gado dan gue kangen makan gado-gado...



gue notice something this afternoon. pertama gue kira hanya warna lampu yang gue nyalain sore ini nyampur sama cahaya dari luar jendela kamar. tapi ternyata warna senja yang gue rindukan selama ini... gue udah nyaris gak pernah liat warna orange kekuningan itu masuk di salah satu spot in my room. terakhir yang gue inget mungkin waktu gue pulang ke rumah, sore-sore gue bisa loncat dari jendela en nangkring di atep sekedar nikmatin sunset dari genteng gue tercinta. gue bisa tahan nangkring disana sampe magrib tiba. kebiasaan gue yang gak pernah ilang semenjak gue masih anak2, klo dulu sih masih ada hidden motive kaya nyariin layang-layang putus. tapi lama2 gue suka banget tidur-tiduran di genteng sambil liatin sunset. gue sempet empet juga ma tetangga sebelah, abis view gue kemakan setengah, kealangan ma rumah die, tapi yah better then nothing sih. sunset masih keliatan dan burung-burung juga masih berterbangan. klo udah gini gue justru kangen adzan magrib. gimana ye, buat gue kaya musik sih, praising ama yg di Atas sono. rasanya nambahin makna suasana sore hari.



gue ngabisin hari ini bacain segala macam bentuk tulisan di internet. dari kemaren pagi gue ngeupload-in materi di bm.or.id, gila deh, makin lama makin banyak aja tulisan yg musti gue uploadin, en gilenya nih penulis satu alex r. produktif abissss. gue sampe kenyang bacain tulisan dia, dari essai, resensi, fiksi ampe puisi. kapan yah gue bisa gitu. iseng "magang" di bm gara-gara diminta mas eka bantuin, secara gak sadar gue jadi redaksi sementara, itung2 belajar sih. plus juga gue kemaren dapet tawaran magang disini klo gue dah balik nanti.



setelah gue pikir-pikir, i can't wait to get home. there's so many things to do and so many things to see. but sebelom gue overexcited, gue musti lulus sma. walau beneran deh gue udah males2an banget, pengen cepet2 lulus, en syaratnya gue musti pass 4 of my subjects. gue udah fail calculus gue en kaga tau deh tentang my other math units. gue udah drop calculus gue en nyoba konsentrasi to maths. sekolah resminya tinggal 7 minggu lagi, sisanya exam en exam. susah juga sih, bukannya gue kaga bisa but the main problem guenya kaga minat sih! gue lebih milih dikasih buku-buku tebel seabrek ato disuruh nulis or bikin desain on anything. cuma again i gotta be back on the reality here, i must finish high school whether i like it or not. seekstrem2nya cara otak gue berjalan, gue sadar gue perlu ijasah sma:P



hari rabu malem, gue gak tahan untuk nyari info kemana co gue udah menghilang selama tiga minggu. gue dah berharap tuh anak gak ilang di lawu ato kena sweeping aktifis deh (aduh gue jaat yah?). gue nelpon ke yogya, si aris yang ngangkat. doi magang di jakarta, yan. weleh, keterima toh application die yg gue sempet koreksi few months back. moga-moga aja ada kabar dari dia soon. si aris nanya ke gue, hpnya doi koq gak bisa dikontak sih. lha, klo gitu kenapa gue nelpon atuh nanya ke dia. eh nih anak malah kaga mo nutup epon, udah deh...gue musti rela bayar 4 menit international calls. but setelah gue tutup gagang telpon, gue jadi kangen juga ngobrol ma dia en anak-anak yg laen. bisa ampe pagi deh gak berenti2...hehehe.



"Kalau kita mau jujur pada diri kita sendiri, Tuhan itu cuma satu…", quote yg gue baca ini koq rasanya ngepas banget ma kondisi gue sekarang ini. titik dimana gue cuma percaya makna kata di atas. rasanya gue gak berpusing-pusing soal agama, reaksi temen-temen deket gue, wuaah loe jadi atheis yan. wah gak juga ye, gue masih percaya ma tuhan tuh. tapi yah cuma sebates itu, klo tuhan itu ada en tuhan itu satu. titik. bisa dibilang gue memang mengarah ke agnostik.



gue jadi ketawa klo gue inget komen shear, deskripsi singkat dia tentang gue yg kira-kira begini:

identitas nya ngga jelas ... WNI, tapi lahir di Oz, pribumi tapi ada embel2 non pri, katolik cuma pacaran ama islam dan jrg ke gereja.

haha (ketawa lagi), singkatnya mungkin begitu sih:) tapi klo mo diuraikan lagi mungkin bakalan pusing sendiri. gue yg berdarah jawa-cina-sunda-belanda, mo bilang apa lagi soal asal usul gue. rasanya gue lebih suka klo mendeskripsikan diri gue sebagai orang indonesia, itu aja cukup. gue yang lahir di aussie, en sampe saat ini masih megang dual citizen (ktp sih ina, aussie sebagai educational purpose - itung2 gratis biaya edu + biaya idup gue disini). gue yg pernah "katolik" dan ke gereja klo diseret nyokap doank, hmm iye seh, gue masih gak tega bilang ke ortu gue klo anaknya kaya gini. and yes, taufiq is moslem...



bicara soal cinta, mengingat latar belakang gue yg katolik walau gue akrab sama budaya dan agama islam. tetap aja, inter religion relationship pasti bakalan jadi masalah yang sama sekali gak gampang. gue akhir2 ini sering ngerenungin juga soal ini. gue udah jalan ma dia setaon lebih dan memang the notion of "marriage" nongol sekali waktu. pertama sih memang gak gitu kentara, tapi setelah yah kayanya my family know or at least curiga, mereka kayanya gak bisa nerima. sekarang sih kayanya udah ke cover up ma shear, thks shear. kayanya bonyok gue nyangka yg engga2 aja, cuma gue tau sih, mereka seneng klo akhirnya gue punya temen deket yg perasaan mereka seh "seiman". yah gue deket sih sama shear, cuma not that way. anyway, gue sempet dilema juga, pertama sih gue emang gak bisa terima, tapi lama-lama memang gue musti realistis juga. secara sadar en gak sadar mungkin gue udah agak ngelepas dia sih...rasanya gue dah gak begitu berharap untuk saling memiliki untuk selamanya. seidealis2nya gue, ketemu realitas pasti bakalan terbentur juga. mungkin gue bisa aja senekat itu, tapi untuk sekarang gue belom bisa berdiri sendiri. we can live with dreams but we had to build it from the reality. klo memang gue bisa berdiri sendiri, i can do whatever i want to do with my life kan?:) dan ada satu lagi yang kayanya kena banget di gua:

"jangan pernah membatasi cinta, karena cinta klo dibatasi bukan cinta yg murni lagi"gue juga lagi belajar gimana mencintai seseorang seperti itu....dan gue juga lagi merenung, is it really love ato...something else? i'm still young and i don't really know what is ahead of me in the near future:) i can predict and i can choose, but i don't know what is going to happen. untuk matter yg satu ini, gue mungkin udah "que sera-sera" (what ever will be, will be-lah).



untuk menutup sore hari ini, gue lagi suka banget ma nih 2 puisi di bawah ini



Melukis Wajah Asing (Dari Dunia Yang Hilang)

T. S. Pinang



: pelukis wara anindyah



dalam relung kaupanggil aku merobek kanvas-kanvasmu karena di balik dinding telah kausiapkan sebuah dunia asing. maka kita pun berkenalan dalam tebaran topeng-topeng memar oleh sejarah. wajah-wajah itu seperti kukenal pernah, di mana entah. mungkin itulah wajah-wajah kita sendiri. terseok-seok liurku bertetesan dalam debur jantung yang ringas oleh dongengmu tentang lelaki dari dunia hilang, hingga kautampar wajahku sendiri dengan senyuman dewi kwan im dan bulir jewawutnya menebarkan embun ke bibirku yang haus, terbakar oleh ledakan-ledakan bom di televisi, tersihir kata-kata racun di udara yang setiap hari kuhirup



lalu kauceritakan padaku tentang perempuan terindah aku tersenyum, meski tetap dalam kesenyapan yang asing



*yogyakarta, agustus 2001



Kaus Kaki Putih

Iman Hidajat



sepasang warna putih

menyelimuti kedua telapak kakinya

hangat, katanya...

aku mengangguk

imut, kataku...



poem buat astrid



0 Comments:

Post a Comment

<< Home